Ringkasan Debat Capres dan Cawapres Ronde Pertama
Senin lalu akhirnya debat calon presiden
(Capres) dan calon wakil presiden (cawapres), yaitu Prabowo
Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla, telah dilakukan.
Berdasarkan jadwal dari KPU, debat pilpres ini akan dilakukan sebanyak
lima kali. Untuk debat ronde pertama, adapun tema yang dibahas adalah
tentang pembangunan demokrasi, pemerintahan bersih, dan kepastian hukum.
Format debatnya sendiri dibagi ke dalam enam babak, yaitu lima babak
tanya-jawab antara kandidat dan moderator serta closing statement
dari tiap kandidat. Bagi kamu yang tidak sempat menonton dan ingin
mengetahui garis besar debat kemarin, Ayo Vote telah meringkasnya ke
dalam sebuah tulisan. Berikut ini adalah kumpulan pertanyaan dan jawaban
pada debat capres-cawapres ronde pertama:
Apa agenda paling penting dalam proses pembangunan demokrasi, pemerintahan bersih, dan kepastian hukum?Prabowo-Hatta:
Bagi mereka, demokrasi adalah cita-cita pendiri bangsa sehingga perlu dipertahankan, diperbaiki, dan dikembangkan. Demokrasi Indonesia saat ini masih ada kekurangan. Oleh sebab itu perlu ada budaya dan pendidikan politik. Seperti halnya demokrasi, pemerintahan yang bersih syarat mutlak agar tercipta Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera. Adapun demokrasi yang diinginkan oleh Prabowo adalah demorkasi yang produktif, bukan destruktif.
Lalu untuk kepastian hukum, hal tersebut adalah jaminan dari negara untuk memberikan rasa aman kepada rakyatnya. Hatta menambahkan, kepastian hukum juga harus memberikan jaminan terhadap penghapusan diskriminasi dalam berbagai bentuk, terutama berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM). Oleh karena itu, Prabowo-Hatta memastikan jika mereka terpilih nanti, penegakan hukum akan setara.
Jokowi-JK:
Demokrasi adalah mendengar suara rakyat dan melaksanakannya. Berbagai cara telah ditempuh oleh mereka seperti dengan blusukan dan musyawarah bersama masyarakat untuk mendengarkan aspirasi mereka. Mengenai pemerintahan yang bersih, Jokowi menyatakan bahwa untuk mencapai hal itu perlu ada dua syarat: 1) pembangunan sistem seperti e-budgeting, e-catalogue, pajak online, dan lainnya. 2) Pola rekrutmen yang benar, yaitu promosi yang terbuka.
Mengenai kepastian hukum, Jusuf Kalla menyatakan bahwa pelaksanaan hukum harus dilakukan dengan benar sesuai dengan aturan yang ada. Dalam prosesnya, perlu ada keteladanan dari pemimpin dalam menaati aturan hukum, terutama mengenai HAM. Selain itu, institusi hukum seperti KPK harus diperkuat, baik dari jumlah maupun anggarannya.Polisi dan jaksa juga harus sejalan agar tercipta kepatian hukum.
Apa evaluasi anda terhadap pemerintahan saat ini dan bagaimana cara anda mempertahankan hal-hal baik di pemerintahan anda selanjutnya jika terpilih?
Jokowi-JK:
Bagi Jokowi, siapapun presidennya, yang baik akan dilanjutkan dan yang kurang baik akan dihentikan. Namun, hal-hal yang sifitnya prinsip dan ideologis akan tetap dimasukkan ke pemerintahan selanjutnya. Untuk evaluasi, Jusuf Kalla melihat bahwa perekonomian Indonesia mengalami kemerosotan, yang ditandai dengan banyaknya defisit dan anggaran yang tidak berfungsi. Maka perlu adanya reformasi dalam sistem pemerintahan, yang disebut dengan “Revolusi Mental”. Salah satunya dengan menciptakan sistem pemerintahan yang transparan. Jokowi menambahkan, yang terpenting adalah pada saat pelaksanaaan dan manajemen pengawasannya yang harus diperkuat.
Apa agenda khusus anda untuk memperbaiki kondisi hukum dan efektifitas pemerintahan di Indonesia?
Prabowo-Hatta:
Bobroknya sistem pemerintahan dan hukum diakibatkan oleh kebocoran kekayaan nasional yang besar sehingga tidak ada SDA yang cukup untuk dinikmati oleh para aparatur negara yang menentukan jalannya pemerintahan. Korupsi terjadi karena banyak pejabat yang takut dengan pensiun dan tidak bisa mengembalikan modal yang telah dipakai untuk berkampanye. Makanya dia kemudian mencoba ambil dari APBD. Oleh karena itu, solusi yang diberikan oleh Prabowo-Hatta adalah dengan meningkatkan kualitas hidup para aparatur negara, seperti PNS, jaksa, dan hakim agar mereka tidak melakukan korupsi. Rekrutmen yang baik dan terbuka juga perlu dilakukan agar menghasilkan pemerintahan yang baik.
Bila anda terpilih, apa langkah anda untuk mengurangi biaya politik yang tinggi serta menjadikan pemerintahan yang bersih dan terhindar dari politik transaksional?
Prabowo-Hatta
Prabowo menyatakan bahwa mereka, bersama dengan partai-partai pengusung, menyepakati agar APBN & APBD tidak dikurangi sepeserpun. Hatta menambahkan, berhubung presiden dipilih langsung oleh rakyat dan proses penentuan menteri merupakan hak preogatif presiden, maka dalam penentuannya harus tegas dan sesuai visi-misi dan rencana pembangunan. Dalam bentuk sederhana adalah menciptakan kabinet ahil atau kabinet zaken. Untuk mengurangi tingginya ongkos politik dalam pemilu, maka Prabowo-hatta bertekad menciptakan demokrasi serta sistem pemilihan yang murah dan efisien.
Jokowi-JK:
Partai politik harus merombak pola rekrutmen anggotanya, yaitu lebih memilih berdasarkan track record dan prestasi. Terkait dengan transaksional, Jokowi sudah menegaskan dari awal bahwa mereka ingin menciptakan koalisi yang ramping agar ke depannya lebih memprioritaskan kepentingan rakyat, bukan kepentingan bagi-bagi kursi. Untuk konteks biaya politik pilkada, Jusuf Kalla memberikan solusi dengan cara penyatuan pilkada agar efisien.
Kerangka hukum apa yang anda bangun utk menjaga prinsip bhineka tunggal ika di masyarakat?
Jokowi-JK:
Isu bhineka tunggal ika sudah final. Lagipula upaya dalam menjaga prinsip tersebut sudha ditunjukkan dengan contoh konkret dalam pengangkatan Lurah Lenteng Agung yang beragama non-mayoritas. Kerangkan hukum sebenarnya sudah ada, tinggal pelaksanaannya saja. Semua sudah dibuktikan oleh upaya yang dilakukan oleh Jokowi maupun Jusuf Kalla pada masa kepemimpinannya.
Prabowo-Hatta:
Kerangka hukum sebenarnya sudah jelas dan tegas. Prabowo juga sudah terbukti dalam penegakkan prinsip bhineka tunggal ika pada saat berusaha sekuat tenaga mengusung Ahok menjadi wakil gubernur Jokowi di DKI Jakarta. Intinya adalah perlu ada pendidikan dan contoh nyata, salah satunya dalam proses rekrutmen dan memberikan kesempatan bagi setiap orang tanpa ada diskriminasi.
Bagaimana sikap anda terhadap pelaksanaan pilkada yang menelan biaya yang besar? Bagaimana juga dengan permintaan pemekaran daerah yang akhir-akhir ini muncul?
Jokowi-JK:
Pemilihan langsung kepala daerah sebaiknya tetap dipertahankan, hanya teknisnya yang perlu diperbaiki yaitu dengan pelaksanaan secara serentak untuk efisiensi biaya. Mengenai pemekaran, pemberian izin diperboleh tapi dalam pelaksanaannya diperketat. Jika ternyata daerah yang telah dimekarkan terbukti gagal dan membebani negara, harus mau dicabut kembali statusnya. Adapun yang menjadi pertimbangan daerah untuk dimekarkan adalah dilihat dari pendapatan daerah tersebut, manfaat dari pemekaran kepada masyarakat, luas wilayah, dan jumlah penduduk.
Bagaimana anda akan menyelesaikan pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu dan mempertahankan di masa datang?
Prabowo-Hatta:
HAM yang paling dasar adalah hak untuk hidup. Tugas undang-undang dasar adalah melindungi segenap rakyat indonesia, itu tugas utama pemerintah. Sebuah pemerintah hrs melindungi segenap rakyat dari dalam negeri dan luar negeri, seperti mencegah kelompok-kelompok radikal dan menggunakan kekerasan dan mengancam keselamatan orang-orang yang tak bersalah. Jadi, manakala kita menghadapi kelompok yang ingin merakit bom, menimbulkan huru-hara, mengancam kelangsungan negara, maka orang ini menjadi ancaman terhadap penegakan HAM. Karena itu kewajiban seorang petugas melindungi segenap tumpah darah dari ancaman tersebut. Adapun langkah konkrit yang bisa ditempuh adalah dengan memberikan pendidikan mengenai HAM di segala sektor. Hatta juga menambahkan agar penegakan hukum ke depannya juga tidak diskriminatif dan tidak pandang bulu.
Bagaimana cara anda menyingkirkan tantangan yang menghalangi anda, seperti masalah tata kenegaraan, dalam melaksanakan visi misi anda?
Prabowo-Hatta:
Starategi pertama yang akan dilakukan oleh Prabowo-Hatta adalah menentukan sektor mana yang terlebih dahulu diperbaiki karena dianggap memberikan efek domino pada bidang yang lain. Yang menjadi target utama Prabowo-Hatta adalah sektor pangan. Cara lain adalah dengan meningkatkan komunikasi kepada rakyat. Pemerintah harus sosialisasikan smua program untuk dapat dukungan rakyat. Sedangkan Hatta melihat bahwa yang perlu dilakukan adalah reformasi birokrasi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah perampingan jumlah lembaga, penerapan akuntabilitas, serta penguatan lembaga untuk mencegah terjadinya korupsi.
Jokowi-JK:
Untuk menyesuaikan antara pusat dan daerah, maka perlu adanya politik anggaran dari pusat dengan melakukan reward & punishment bagi tiap daerah,. Politik anggaran bisa kita lakukan, misalnya dalam pembangunan sistem pelayanan terpadu satu pintu, daerah diperintah untuk membuat itu, kalau tidak bisa dana alokasi khususnya dipotong atau dikurangi. itu untuk daerah sudah mengerikan. Mengenai tumpang tindih lembaga, Jokowi memberikan solusi agar semua proses pembuatan aturan melalui satu pintu, yaitu dari sekneg lalu dikembalikan ke daerah, maka akan jelas. Dan terkait reformasi birokrasi, secara modal sudah mumpuni, tinggal perbaikan sistemnya yang harus diutamakan.
Ringkasan Debat Capres Ronde Kedua

Debat Capres edisi kedua berlangsung pada hari minggu (15/6) kemarin. Berdasarkan agenda KPU, masih ada tiga rangkaian debat lagi yang harus dijalankan masing-masing capres dan cawapres. Debat edisi kedua ini bisa dibilang lebih menarik dibandingkan dengan edisi pertama. Kedua calon presiden saling melempar tanya jawab dan mempertontonkan debat yang sengit. Debat yang berlangsung di Hotel Gran Melia tersebut terbagi ke dalam enam sesi, yaitu visi & misi, pendalaman visi & misi, pertanyaan dari moderator, sesi tanya jawab antar kedua calon, debat antar calon dan pernyataan penutup. Bagi kamu yang tidak sempat menonton dan ingin mengetahui garis besar debat kemarin, Ayo Vote telah meringkasnya ke dalam sebuah tulisan. Berikut ini adalah kumpulan pertanyaan dan jawaban pada debat capres ronde kedua:
Jokowi : Bagi saya ekonomi ditujukan sebesar-besarnya untuk rakyat. Itulah ekonomi Berdikari. Yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah pembangunan manusia lewat revolusi mental. Kemudian bidang kesehatan dengan kartu Indonesia Sehat, kemudian bidang kecerdasan dengan kartu Indonesia Pintar. Dengan semua itulah produktivitas kita akan meningkat. Pertumbuhan ekonomi yang diimbangi dengan pemerataan, pembangunan koperasi, umkm, pasar tradisional, pertanian. Kedua, pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan, karena akan percuma jika pemerataan itu tidak ada. Pemerataan akan menjadi sebuah perhatian bagi kami berdua. Inilah yang akan membuat ekonomi kita kokoh dan berdaya saing tinggi.
Prabowo: Kita berbicara mengenai pembangunan, akan tetapi masalahnya dari mana uangnya? Dari mana sumber dayanya? Pada tanggal 7 September 2013, Ketua KPK menyampaikan kekayaan negara kita tiap tahunnya hilang sebanyak 1000 triliun. Kami, Prabowo dan Hatta ingin menutup kebocoran 1000 triliun tersebut dan ingin dialirkan untuk membangun ekonomi kerakyatan, dari ibukota turun ke desa. Sumber daya sudah ada, tinggal keberanian dan kemauan kita untuk membangun bangsa. Saya akan mengalokasikan minimal 1 milliar tiap tahunnya kepada rakyat Indonesia, meminimalkan korupsi, dalam 5 tahun 2 juta hektar sawah, 3000 km jalan raya, 8 pelabuhan, Bank Tani Rakyat, Bank Koperasi. Dalam lima tahun kami akan meminimalkan korupsi, menaikkan rata-rata penghasilan hingga dua setengah kali lipat. Dananya ada, tinggal kemauan dan kerja keras kita dalam membentuk ekonomi kerakyatan. Kami akan bekerja keras untuk mencapai semua itu, kita akan menjadi negara kuat, negara terhormat karena kita menguasai kekayaan kita sendiri.
Mengapa ekonomi kerakyatan? Bagaimana strategi dan kebijakan investasi sesuai dengan konteks ekonomi kerakyatan? Kemudian bagaimana strategi dan kebijakan investasi yang Anda tawarkan sesuai dengan konteks Ekonomi Kerakyatan?
Prabowo : Ekonomi Kerakyatan sesuai pasal 33 1995 — perekonomian yang berasasakan kekeluargaan, dan dikuasai oleh pemerintah, penguatan dan pemberdayaan kerakyatan. Menjamin kondisi dan keselamatan dan perlindungan terhadap golongan tertinggal yang tidak bisa menghadapi persaingan abad 21. Pemerintah harus turun tangan dan menjadi pelopor. Ekonomi kerakyatan adalah ekonomi jalan tengah. Perekonomian kita harus berazaskan kekeluargaan. Ekonomi harus ditujukan kepada pemberdayaan dan penguatan rakyat. Kebijakan investasi terbuka, tapi tidak boleh mematikan ekonomi rakyat. Harus kita bangkitkan koperasi dan usaha menengah.
Mengapa harus berdikari? Bagaimana sikap Anda tentang hutang pemerintah?
Jokowi : Untuk memberantas kemiskinan memang harus kita berani memberikan program khusus. Bukan hanya anggaran, akan tetapi sistem yang harus dibangun. Kartu sehat untuk membantu rakyat. BPembangunan pasar tradisional, pembangunan ruang-ruang PKL, pasar tradisional harus diurus dengan manajemen yang baik, rakyat membutuhkan bukti, ruang – ruang diberikan kepada pasar, harus ada ruang khusus bagi PKL. Semua kota harus memberikan ruang yang sebesar-besarnya kepada PKL. Hutang dapat diselesaikan asal ada efisiensi dalam APBN, dengan membangun sistem, e- audit, e-sistem.e-budgeting. Investasi sangat penting, detil ke daerah-daerah yang tingkat kemiskinan besar, sehingga akan terbuka lapangan pekerjaan.
Prabowo : Kemiskinan dan pengangguran adalah sasaran strategi pembangunan ekonomi kami, fokus kami ada pada sektor pertanian, karena dapat menyerap tenaga kerja yang banyak, dan bisa menghasilkan dalam waktu yang singkat. Benchmark 1 hektar bisa menyerap 6 orang kerja, dari hulu ke hilir. Kita masih memiliki 77 hektar hutan yang sudah rusak, dan terus bertambah. sebagian dari hutan yang rusak tersebut, 2 juta hektar ditambah dan ethanol. Target kami adalah mendapatkan tanaman dengan harga yang baik. Kita dengan dorongan ekonomi yang tumbuh, ini akan mengurangi pengangguran dan upah akan naik dengan sendirinya.
Bagaimana kebijakan untuk pertumbuhan penduduk? dan bagaimana untuk layanan dan akses kesehatan? khususnya bagi perempuan.
Prabowo : Pertumbuhan
kita 5 juta per tahun. Kita harus tambah gaji dokter, gaji bidan. Kita
tidak bisa main-main dengan tantangan kita. Tutup kebocoran, amankan
kekayaan negara, uang tunai akan diinvestasikan ke kesehatan dan
pendidikan. Lakukan Big Push Strategy yaitu dengan investasi besar –
besaran untuk rumah sakit, posyandu, dan gaji pekerjanya. Bagaimana dan
cara apa yang harus dilakukan? Kita bangun pabrik, irigasi, waduk, jalan
raya. Ini semua akan menumbuhkan roda ekonomi, kesehatan dan
pendidikan.
Jokowi : BKKBN
kita harus kembali dihidupkan. Kampanye kita tentang kelahiran telah
menurun sehinggan pertumbuhan penduduk tidak terkendali. BKKBN terjun
langsung ke masyarakat dan meyakinkan masyarakat akan program 2 anak itu
cukup. Jika tidak ada kontrol di lapangan, sistem akan percuma.
Anggarannya ada, hanya sistemnya yang perlu dibangun.
Bagaimana pandangan Bapak mengenai DAU (Dana Alokasi Umum) dan DAK (Dana Alokasi Khusus)?
Prabowo : Dana
alokasi bisa naik kalau penghasilan negara naik, inilah yang saya
perjuangkan. Bagaimana penghasilan kita tidak bocor ke luar.
Apa target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan dan bagamana strateginya untuk mencapai hal tersebut?
Jokowi :
Ekonomi kita akan tumbuh di atas 7% asal regulasi terbuka dan
memberikan ruang untuk investor lokal untuk bergerak. Jika sistem
perizinan harus dipangkas waktunya, (target)7% tidaklah sulit. Produk
lokal bisa berkompetisi di dunia agar mereka diberi ruang untuk
pemasaran. Dubes kita jangan asal berdiplomasi saja. Industri kecil bisa
tampil, asal negara hadir.
2 tahun ini kita mengalami banyak defisit, apa yang salah?
Prabowo :
Defisit terjadi karena kekayaan negara bocor ke luar negeri. Itu
esensinya. Beban untuk impor kita sangat tinggi sehingga defisit
perdagangan terjadi. Kekayaan kita bocor. Harus ada pemerintah yang
berani menutup kebocoran itu. Baru tidak defisit, bahkan surplus.
Apakah
Jokowi setuju wajib belajar 12 tahun? Jika setuju, artinya butuh
tambahan biaya 40 triliun. Kemudian bagaimana dengan peningkatan
investasi pendidikan di bidang pendidikan?
Jokowi : Pembangunan
manusia dimulai dari pendidikan, tapi harus ada evaluasi dan perubahan.
Penddidikan di tingkat SD 80% harus berbicara dgn pendidikan karakter,
pendidikan hal utama, berapapun yang dibutuhkan dalam investasi
pendidikan akan kami berikan, apalagi hanya 40 triliun. Jika
produktivitas dan daya saing kita tinggi, kekayaan alam kita akan
dikelola dan dinikmati oleh bangsa kita sendiri.
Bagaimana meningkatkan peran TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) ?
Prabowo : Itu tugas kepala daerah untuk meningkatkan perannya. Itu tanggung jawab kepala daerah.
Indonesia negara besar, begitu juga tantangannya. Bagaimana untuk meningkatkan daya saing infrastruktur?
Jokowi :
Infrastruktur yang penting itu adalah tol laut. Karena akan menekan
harga semen di seluruh daerah di Indonesia. Transportasi laut sangat
murah. Jawa-Eropa lebih murah daripada Jawa-Papua. Dengan begitu akan
memberikan rasa keadilan dalam harga di setiap daerah seperti Papua,
Jakarta, dan Sumatra. Tidak seperti sekarang yang cukup berbeda. Uang
yang ada harus diinvestasikan ke tol laut dan kereta api.
Bagaimana pandangan bapak mengenai ekonomi kreatif ?
Prabowo :
Ekonomi kreatif penting karena penduduk kita banyak, bidang dimana kita
bisa bersaing dengan bangsa lain. Pemerintah harus menginvestasikan
dana besar di bidang pendidikan untuk mendorong anak muda kita sehingga
industri kreatif bisa mengahasilkan nilai tambah negara kita. Kita punya
naluri seni dan bakat di bidang kreatifitas. Jika diberikan kesempatan
tentu akan mengahasilkan devisa yang banyak di abad 21.
Jokowi :
Bidang ekonomi kreatif seperti musik, animasi, seni pertunjukan, video,
produk kreatif dan desain produk , ruangnya belum diberikan dukungan
penuh oleh pemerintah. Padahal jika didukung akan berkembang. Seni
pertunjukkan dari Sabang hingga Merauke, Jika kita punya manajemen
panggung yang baik, promosi lighting yang baik, tentu akan bisa
ditunjukkan ke dunia. Animasi kita diekspor ke luar.
Negara
kita akan menerima ASEAN Economic Community, yg telah kita setujui,
akan banyak dampak, salah satunya yaitu orang asing yang bekerja disini,
bagaimana cara menghadapinya?
Jokowi :
Kita harus memberi dorongan kepada anak-anak muda kita agar mereka
masuk terlebih dahulu. Pasar domestik tidak bisa dimasuki pasar dari
luar, hal yang berkaitan dengan perizinan, investor lokal diberikan
kemudahan, tapi yang dari luar gak apa-apa lahsedikit-sedikit
disulitkan. Pembangunan manusia akan menjadi daya saing dan
produktifitas dan akan membuktikan kita dapat bersaing di pasar.
Bagaimana rincinya tentang perusahaan luar yang ingin buka di Indonesia?
Jokowi
: Pemerintah harus membuat regulasi agar mereka (asing )tidak secara
mudah masuk ke wilayah kita. Contohnya BI telah memiliki regulasi yang
tidak memudahkan pihak asing untuk masuk ke dalam. Hambatan itu ada tapi
secara tertutup hambatan tersebut harus dibangun melalui regulasi. Kita
terbuka, tetapi yang paling utama adalah untuk melindungi ekonomi kita.
Bagaimana
penjelasan visi misi dan anggaran desa? Karena yang saya tahu angkanya
lebih dari itu, karena disesuaikan luas daerah dan jumlah penduduk
masing-masing daerah.
Prabowo : Keputusan
itu saya buat sebelum undang-undang dibuat. 26 Oktober 2013 saya
membuat deklarasi tersebut yang pada akhirnya mengeluarkan UU Desa yang
masih hrs diikuti dengan perarturan pemerintah. Jadi jika di atas 1
miliar, alhamdulilah, jika kurang maka kami lengkapi.Tidak jadi soal
berasal dari mana uang tersebut, yang penting dana sampai ke desa.
Ada kontrak-kontrak yang dilakukan dengan pihak asing tapi merugikan pihak Indonesia, bagaimana dan apa yg harus dilakukan?
Jokowi :
Kita harus menghormati semua kontrak yang ditandatangani, tidak bisa
diubah begitu saja. Penghormatan kontrak, merupakan pembangunan
kepercayaan, setelah kontrak selesai, baru bisa kita kaji apakah akan
dilakukan kerjasama secara terus menerus atau tidak. Intinya SDA
digunakan untuk rakyat banyak, yang penting dikalkulasi apakah kerjasama
dengan BUMN, apakah diambill alih secara total oleh BUMN, yang penting
harus menguntungkan negara, bukan asing. Kekayaan alam sebesar-besarnya
harus digunakan untuk kepentingan rakyat!!
Bagaimana
dengan kontrak yag merugikan tapi masih dalam jangka panjang? Apakah
tidak sebaiknya dilakukan perundingan ulang? Negosiasi?
Jokowi :
Kalau poinnya jelas dan ada kans untuk melakukan renegoisasi, akan kita
lakukan. Akan tetapi setiap kontrak yang ada di depan harus dilakukan
secara detail,sehingga tidak akan merugikan negara kita dan demi
kemakmuran rakyat.
Ringkasan Debat Capres Jokowi VS Prabowo (15 Juni 2014)
A. SESI 1 VISI MISI EKONOMI
Jokowi :
1. Ekonomi Berdikari – Rakyat menghasilkan ekonomi berkekuatan
2. Mencapai ekonomi berdikari dengan
memperbaiki mental dan menjamin kesehatan rakyat, kalau rakyat sehat dan
rakyat berpendidikan, maka daya kompetisi ekonomi menjadi tinggi.
3. Mencapai hal tersebut dengan membuat Kartu Sehat Indonesia dan Kartu Pendidikan Indonesia
4. Kita harus memperkuat infrasturktur perekonomian.
Prabowo :
1. Betul kita butuh sehat, kita butuh berpendidikan, tetapi dari mana dananya?
2. Menurut data ketua KPK ada 7200 trilliun kebocoran
3. Kami memakai tim pakar kami, jika 1000
trilliun saja bisa dijamin kita sudah bisa membangun koperasi,
membangun desa dengan program 1 milliar satu desa/lurah, dan menaikkan
pendapatan semua rakyat hingga 2.5 kali misalnya dari tiga juta -> 6
juta, membangun pelabuhan dan lain-lain.
4. Kita akan mengucurkan dana dari kota ke desa bukan dari desa ke kota.
B. SESI 2 PERTANYAAN MODERATOR
Moderator ke Prabowo : Mengapa harus ekonomi kerakyatan, bagaimana kebijakannya?
Prabowo :
Ekonomi kerakyatan adalah ekonomi jalan
tengah, didasarkan pada pasal 31. Ekonomi harus menjamin kondisi
keselamatan dan perlindungan kepada golongan rakyat tertinggal. Ini
membedakan kita dengan neoriberal. Pemerintah harus turun tangan membela
rakyatnya.
Iklim investasi, kami mendukung investasi
asing. Tetapi tidak mematikan ekonomi rakyat dengan membuat koperasi
dan mengucurkan massive fund ke rakyat. Kita akan meningkatkan dari 5
trilliun yakni yang dikucurkan pemerintah saat ini menjadi 20 trilliun
saat pemerintahan kita nantinya. Terima kasih.
Moderator ke Jokowi : Mengapa harus ekonomi berdikari?, bagaimana kebijakannya?, bagaimana pendapat anda mengenai realisasi pajak?
Jokowi :
Pasar tradisional sudah saya bangun dan
menjadi pengalaman yang sudah saya buktikan . Mengapa harus pasar
tradisional ?, karena disanalah produk-produk petani dijual, di sanalah
produk-produk pengrajin tahu dan lapisan rakyat terendah berjualan.
Kota harus memberikan ruang
sebesar-besarnya kepada para pedagang kaki lima (pkl), tetapi bukan
hanya sekedar itu. Manajemen eknominya juga jelas. Jika kita bisa
mengelola hal-hal kecil, niscaya ekonomi kita akan berkembang.
APBD harus diefisiensi, sehingga
pembangunan menjadi efisien dengan menghindari kebocoran-kebocoran APBD.
Memang betul ada program-program besar tetapi implementasinya dari
hal-hal kecil bukan program awing-awang. Terima kasih
C. SESI KE TIGA : PENAJAMAN / PERTANYAAN MODERATOR
Moderator ke Jokowi : Pemerintah harus
menjamin pekerjaan bagi rakyatnya. ?, bagaimana program anda mengenai
strategi ketenagakerjaan, bagaimana anda membuat lapangan pekerjaan?,
tinggi anggaran mengapa tidak focus ke rakyat?
Jokowi :
Pemerintah harus berani membuat program
khusus kepada rakyat yang kurang berkembang. Bukan hanya anggaran yang
disiapkan, namun bagaimana pengelolaannya. Maka harus dibangun
sistemnya.
Mengapa?, karena keluhan mengenai
kesehatan dan pendidikan adalah focus utama, maka system yang wajib di
bangun adalah KSI, dan KPI.
Investasi harus didorong ke semua
provinsi jangan hanya di jawa dan sumatera, dan infrastruktur harus
dibangun. Dengan demikian tingkat urbanisasi tidak terjadi.
Saya adalah gubernur pertama yang menaikkan upah hingga 44 %. Saya sudah buktikan Terima kasih.
Moderator ke Prabowo : Pemerintah
harus menjamin pekerjaan bagi rakyatnya. ?, bagaimana program anda
mengenai strategi ketenagakerjaan, bagaimana anda membuat lapangan
pekerjaan?, tinggi anggaran mengapa tidak focus ke rakyat?
Prabowo
Kemiskinan dan pengangguran adalah focus
kami. DImana kami memfokuskan pembangunan di sector pertanian. Pertanian
bisa menghasilkan dalam waktu yang sangat singkat, contoh padi 100
hari, jagung 120 hari, dan benih-benih unggul lainnya. Ini bisa menyerap
banyak lapangan pekerjaan.
Ada 77 hektar hutan rusak, dan hutan rusak itu akan diubah menjadi 2 juta hektar sawah baru, dan 2 juta hektar etanol.
Indonesia harus meningkatkan
produktivitasnya, kita harus bekerja tidak sedikit-sedikit, kita harus
berpikir besar, dan menghasilkan produk besar. Terima kasih.
Moderator ke Prabowo :
Pertumbuhan penduduk sangat tinggi, kasus
kematian ibu saat melahirkan semakin naik, bagaimana kebijakan anda
mengenai pertumbuhan penduduk, dan bagaimana anda menangani akses
kesehatan khususnya bagi perempuan?
Prabowo :
Kita melihat memang terjadi ledakan
pertumbuhan, tercatat Kelahiran 5 juta penduduk. Bagaimana kita
menangani masalah ini?, pertama kita harus mencari dana. Tadi kita harus
menghindari kebocoran, kita akan mendapat uang cash dari semua
kebocoran 1000 trilliun. Kita akan menambah dokter, bidan, perawat. Kita
harus buat big push untuk masalah ini,
Kita harus memperbaiki gaji dokter, gaji
perawat. Kita akan ambil dari 1000 trilliun tadi dan dari produktivitas
Indonesia, dari situlah dananya.
Apa strategi kita, bagaimana? Kita butuh
strategi besar, kita butuh totalitas, kita amankan kebocoran, dan bangun
pabrik, bangun irigasi, bangun kereta api ribuan kilometer, bangun
waduk.
Pada akhirnya kita investasikan di posyandu dan bidang kesehatan sebesar-besarnya.
Moderator ke Jokowi :
Pertumbuhan penduduk sangat tinggi, kasus kematian ibu saat melahirkan
semakin naik, bagaimana kebijakan anda mengenai pertumbuhan penduduk,
dan bagaimana anda menangani akses kesehatan khususnya bagi perempuan?
Jokowi :
Kita harus melihat kembali mengenai
kampanye KB oleh BKKPN. Sehingga pertumbuhan penduduk bisa ditekan. Kita
harus membuat masyarakat sadar bahwa memiliki dua anak itu cukup dengan
kampanye keluarga berencana.
Mengenai angka kematian ibu semakin
tinggi. Saya sudah sampaikan bahwa ini sebenarnya masalah system.
Anggaran kita tinggi, tetapi tidak ada pengelolaan. Sama saja, Kita
jangan membicarakan hal tinggi-tinggi bicara mengenai dana trilliunan,
tetapi hal paling dasar tidak kita tangani.
Dengan adanya kartu Indonesia sehat,
semua bisa secara rutin cek kesehatan tanpa adanya biaya. Darimana
biayanya?, anggarannya sudah ada. Tidak usah mikir trilliunan, itu sudah
ada anggarannya hanya sistemnya yang belum ada yakni Kartu Sehat
Indonesia.
D. SESI 4 : TANYA JAWAB ANTAR CAPRES
Jokowi ke Prabowo : Bagaimana pandangan bapak terkait DAO dan DAK ?
Prabowo :
DAO dan DAK harus kita tingkatkan,
Dana ke daerah, dana ke kabupaten bisa naik jika pendapatan negara bertambah.
Ini yang sudah bertahun-tahun saya
perhatikan, bagaimana caranya supaya menghindari kebocoran ke luar
negeri?, bagaimana caranya kita mengamankan kekayaan negara itu, baru
dengan itu bisa kucurkan ke daerah.
Prabowo ke Jokowi :
Kondisi ekonomi dunia kurang menguntungkan, pertumbuhan ekonomi dunia
3.3 %, dan Indonesia di atas 5 %. Apa target pertumbuhan Indonesia jika
bapak terpilih?
Jokowi :
Ke depan saya meyakini pertumbuhan kita
bisa naik di atas 7 % dengan catatan iklim investasi harus terbuka,
sehingga investor local semakin banyak,
Kedua masalah perizinan harus dipermudah.
Para investor merasa dilayani dengan mudah. Contoh harusnya IMB, SIUP,
dan hal perizinan lainnya bisa dilakukan secara online.
Ketiga arah industri eksport harus dibuka
sebesar-besarnya. Industri apa?, industri dari kampung-kampung,
industri desa-desa, kita buat berkompetisi di dunia. Bagaimana caranya?,
Dubes nantinya tidak diplomasi saja, tetapi juga menjadi marketer
negara.
Saya sudah buktikan sebagai pelaku industry kecil ini, semua bisa dilakukana asal negara hadir !.
Jokowi ke prabowo : Bapak bilang kita banyak uang, sebenarnya kita malah mengalami banyak defisit di perdagangan dan APBN?
Prabowo :
Esensinya adalah kita mengalami defisit, karena kekayaan kita bocor ke luar.
Kita impor minyak sehingga kita defisit
perdagangan, kita defisit anggaran, karena kekayaan kita bocor!. Ketua
KPK mengatakan pada bulan september bocor 7200 trilliun. Kalau angka
saya 1400 trilliun.
Jadi kalau bapak Tanya mengapa defisit?
Ya karena kebocoran itu. Jawabannya pemerintah harus berani menutup
kebocoran itu sehingga kita kembali menjadi macan asia.
Prabowo ke Jokowi :
pendidikan sangat penting, selama ini kita wajib belajar 9 tahun, apakah
bapak setuju jika 12 tahun, jika ini dilakukan kita akan membutuhkan
penambahan hingga 40 trilliun, bagaiman pendapat bapak?.
Jokowi :
Saya sudah katakana pendidikan sangat penting. Ini menjadi hal yang utama.
Menurut kami pendidikan di tingkat SD
harus 80 persen berbicara mengenai pendidikan karakter, sikap mental, 20
persen pengetahuan, di smp 60 karakter, 40 pengetahuan, di sma 80
pengetahuan 20 persen karakter.
Dengan itu kita akan mendapatkan manusia-manusia yang berdaya saing.
Berapapun dana yang dibutuhkan untuk
pendidikan, apalagi hanya 40 trilliun itu tidak ada masalah, kita bisa
dapatkan dari efisiensi listrik , bbm, dan lainnya, kita malah bisa
menghemat 70 trilliun.
Kita bisa maju jika kita memiliki kemampuan mental yang bagus !
Jokowi ke Prabowo : Bagaimana cara meningkatkan peran TPID?
Prabowo :
Apa itu TPID?, (jokowi : TPID adalah Tim
pengendalian Inflasi Daerah.). Saya kan tidak tahu mengenai semua
singkatan. Untuk masalah itu, kan Itu tugas kepala daerah?, itu adalah
kerja tim pengendalian kita harus memperkokoh masalah itu. Terima kasih.
Prabowo ke Jokowi :
Tidak dibahas tentang infrastruktur, tantangan negara kita sangat besar,
bagaimana kita meningkatkan daya saing, jika bapak tidak memberikan
pemaparan tentang infrastruktur.
Jokowi :
Saya sudah paparkan sedikit mengenai infrastruktur, tetapi belum dijelaskan.
Pertama, saya tekankan tol laut sangat
penting. Jika tol laut kita bangun antar provinsi dari Jakarta,
sumatera, Sulawesi, papua, itu akan memudahkan masalah logistic. Ini
akan memberikan rasa keadilan.
Transportasi laut seharusnya menjadi
transportasi murah. Contohnya saya pelaku industry dengan transportasi
laut, kita menjadi memiliki double track pada masalah logistic.
Kereta api menjadi penting, terkait transportasi untuk logistik dan juga transportasi orang.
E. SESI 5 : PERTANYAAN ANTAR CAPRES/ PENAJAMAN.
Jokowi : Bagaimana pandangan bapak mengenai ekonomi kreatif?, karena ini banyak sekali mengurangi pengangguran.
Prabowo
EKonomi kreatif adalah sangat penting. Karena anak-anak muda sangat banyak.
EKonomi kreatif adalah sangat penting. Karena anak-anak muda sangat banyak.
Ekonomi kreatif inilah kita bisa bersaing
dengan bangsa-bangsa lain. Karena itulah kita harus investasi
besar-besaran di bidang pendidikan, sehingga ekonomi kreatif bisa
menjadi memiliki kompetisi.
Bangsa kita memiliki naluri seni, rakyat kita memiliki bakat di bidang kreativitas, ini bisa menghasilkan devisa.
Jokowi
Ekonomi kreatif seperti music, desain, dan seni , pertunjukan. Ini masih tidak diperhatikan dengan benar.
Kita harus memperhatikan ini dengan benar, anak-anak muda berkecimpung besar di dalam ini.
Prabowo :
Tim penasehat saya mengatakan : jangan
pernah setuju dengan apa yang dikatakan jokowi, tetapi saya bukan
politisi professional. Saya akan mengikuti saran jokowi karena itu saran
yang bagus. Ide yang bagus.
Prabowo ke Jokowi : Asian economic community harus kita setuju, banyak dampaknya. Menurut bapak bagaimana mengenai ini ?
Jokowi :
Ini fakta yang harus diyakini, dimana
pada tahun depan ini akan terjadi. Pemerintah harus memberikan gerakan
agresif. Pemerintah harus masuk ke negara lain lebih dahulu.
Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa
investor domestic harus dipermudah, dan perizinan keluar harus
dipersulit sedikit-sedikit,
Kita harus yakin kita bisa berkompetisi.
Prabowo : rinicinya, bagaimana bapak
mensikapi permintaan perusahaan luar yang ingin membuka cabang
dikabupaten-kabupaten kita?, bagaimana jika
Jokowi :
Pemerintah harus memberikan regulasi, membuat barrier yang memberikan kemudahan bagi pihak dalam dan memberi batasan bagi luar.
[beberapa missing statement – 1 pertanyaan dari jokowi ke prabowo dan prabowo ke jokowi tidak sempat direcord]
Pernyataan Penutup :
Prabowo : kita harus
menjadi negara yang kuat, kekayaan kita jangan bocor ke luar. Kita harus
menjadi negara yang siap untuk menjadi macan asia.
Jokowi : Kita pernah ke
daerah, dan melihat orang yang bekerja pada malam hari, ketika kita
sedang tidur. Saya ingin tekankan, saya Joko widodo dan JK kami siap
memimpin negara ini dan bekerja siang malam.
Terima kasih. Siapa yang lebih bagus? Silahkan dinilai dengan obyektif.
Debat ke Dua telah digelar, selanjutnya silahkan Anda yang menilai…
Debat ke Dua telah digelar, selanjutnya silahkan Anda yang menilai…
Sumber : http://politik.kompasiana.com/2014/06/15/ringkasan-debat-capres-jokowi-vs-prabowo-666651.html
Shared by
at .
Batara Parada Siahaan
Tetapi hati nurani kita selalu mengingatkan langkah kita yang kadang salah melangkah. Dengarkanlah !
Joko Widodo dan Prabowo Subianto / tribunekompas.com
Ringkasan Debat Capres Prabowo vs Joko Widodo 22 Juni 2014
POLITIK INTERNASIONAL DAN KETAHANAN NASIONAL
Moderator :
Kita akan membahas titik kritis mengenai hubungan
bilateral, bagaimana negara mengenai operasi-operasi militer dan
kaitannya dengan politik internasional,
dan ketahanan nasional dan kemana selanjutnya negara akan dibawa, itu yang menjadi titik pokok pembicaraan kita malam ini.
SEGMEN I : PENYAMPAIAN VISI MISI
Prabowo :
Berbicara mengenai politik luar negeri dan
ketahanan internasional, kita harus berbicara mengenai tujuan negara
yakni mencari keamanan bersama, tetapi kemudian
kita juga harus mencari kemakmuran bersama.
Sehingga politik luar negeri harus menjadi cermin mengenai kondisi di
dalam negeri. Karena itulah saya selalu berbicara
terus menerus mengenai kekuatan nasional. Ini
menjadi hal fundamental. Kita berada di geografis yang sangat strategis,
banyak negara yang tergantung dari keamanan di nusantara ini.
Terlalu banyak kekayaan nasional kita yang diambil
ke luar negeri. Ini tidak menyenang bagi banyak orang jika saya bicara
terus menerus mengenai ini. Tetapi inilah yang menjadi
pokok utama mengenai politik luar negeri. Ketahanan
nasional, kemananan nasional, dan keselamatan nasional terletak pada
rakyat yang makmur, itu tidak mungkin jika rakyat kita miskin.
Saya akan membenahi masalah-masalah nasional, saya
dan hatta akan menyelamatkan ekonomi nasional, kita ingin damai dengan
semua orang tetapi kita cinta negara kita.
Tidak sejengkal tanah pun akan kita serahkan sampai darah terakhir untuk bangsa Indonesia.
Jokowi :
Prinsip dasar politik luar negeri adalah bebas aktif, terdapat empat prioritas prinsip negara kita terkait ini.
1. Perlindungan warga Indonesia, termasuk TKI, saya mendengar adanya kecelakaan di laut dan saya mengucapkan turut berduka.
2. Masalah Perlindungan sumber daya alam dan maritim
3. Komoditas dalam dan luar negeri.
4. Keamanan Regional dan menjaga ketertiban dunia
Saya dan Jokowi JK mendukung palestina mendukung Palestina menjadi negara merdeka sepenuhnya.
Ada 3 strategi diplomasi yang harus diperhatikan.
1. Antar pemerintah dan instansinya.
2. Antar pelaku Bisnis.
3. Antar masyarakat dan pemerintah.
Ketahanana nasional harus kita pertahankan dimana para pejuang kita telah mendarmabaktikan hidupnya demi negara ini.
Kita harus mempertahankan nasional dengan
memperhatikan kesejahteraan keluarga prajurit, memordernisasi peralatan
alutsista, dan memodernisasi industri peralatan militer di dalam negeri kita.
Kita harus menjadi sebuah negara besar, dengan
memenangkan pertarungan di samudera dan menjadi poros utama samudera di
dunia. Kita ingin dihargai dan dihormati.
SEGMEN II : PENAJAMAN VISI MISI
Moderator :
Bagaimana yang akan bapak jalankan terkait sumber daya alam yang bapak katakan, bagaimana mengamankannya?
Bagaimana memodernisasi alutsista TNI kita, bagaimana memodernkan alutsista itu tanpa mengundang kekhawatiran negara lain?
Jokowi :
Kekayaan laut kita sangat besar, ada 300 trilliun
karena illegal fishing, terus hilang. Karena itu perlu pesawat tanpa
awak yang akan kita pasang di tiga titik letak.
Dengan drone itu, kita bisa melihat kapal-kapal yang masuk ke wilayah kita. Drone (alat pengintai) ini memiliki manfaat
1. Ketahanan Nasional.
2. Mengejar pelaku ilegal fishing.
3. Mengejar pelaku ilegal lodging.
Tentu kita harus memperjalas batas-batas
wilayah kita. Oleh karena itu perbaikan IT, dan terkait dengan Perang
cyber harus diperhatikan. di mana wilayah kontrolnya bisa di sulawesi, sumatera dan dimanapun di Indonesia asal terkoordinasi.
Ini akan memastikan keamanan nasional kita, dan
dimana titik kita rentan, apakah masalah pertahanan, semua bisa langsung
kita serang dengan angkatan udara kita, atau dengan angkatan darat
kita.
Lagipula alat-alat tersebut tidak terlalu mahal yakni alat pertahanan di bidang cyber maupun hybrid, Terima kasih.
Moderator :
Pak Prabowo berbicara mengenai kekayaan alam, apakah ini terkait dengan yang dibicarkan pak prabowo tadi, mohon lebih spesifi,?
Kedua poltik luar negeri menjadi cermin dalam
negeri. apa yang menjadi kepentingan nasional kita dengan negar-negara
yang memiliki hubungan bilateral dan negara besar lainnya ?
Prabowo :
Kekayaan nasional adalah kekayaan tambang, di laut,
dan di darat, di atas permukaan bumi, di dalam bumi, dan di perairan.
Yang saya maksud kekayaan nasional adalah semua yang terkandung di
dalamnya. Inilah yang banyak bocor, yakni bocor ke luar negeri.
Contoh bauksit aluminium kita jual ke luar secara gelondongan, tetapi kita impor lagi, ini yang saya maksudkan dengan kebocoran.
Kemudian mengenai cermin tadi, kalau banyak
yang miskin, pesawat kita kurang, polisi gaji kurang, hakim gaji kurang,
kita kurang wibawa, kita tidak dihormati, kita
dilecehkan. Ujungnya kita bisa berdiplomasi dengan
kata-kata, tetapi ujungnya kita akan dilihat dari kekuatan nasional
kita, jika ada yang mengklaim bisa kita mempertahankannya.
Itulah yang saya maksud dengan cermin dalam negeri,
Jika kita kuat dalam ekonomi, jika kita makmur, kita akan dihargai.
Jika kita makmur kita tidak akan diganggu terus.
SEGMEN III : PERTANYAAN MODERATOR I
Moderator :
Indonesia merupakan negara yang kerap
kepentingannya berbenturan negara lain, dari perspektif ketahanan
nasional, dan politik internasional, masalah negara dengan negara lain,
masalah penetapan batas, klaim tumpah tindih , bahkan masalah pencari suaka.Tanpa merusak hubungan dengan negara lain,
Prabowo :
tugas
utama sebuah pemerintahan adalah melindungi segenap tumpah darah, tugas
pemerintah adalah menjaga kepentingan nasional kita. Jika kepentingan
kita berbenturan dengan negara lain,
tentu kita harus mempertahankan kepentingan kita.
Kita harus berdialog, saya sampaikan tadi 1000 kawan terlalu sedikit, 1
musuh terlalu banyak. Kita menghormati semua negara tetapi ada
kepentingan inti
yang tidak bisa kita tawar menawar, yakni mengenai
keuntuhan Bangsa Indonesia, tidak satu jengkalpun akan kita lepas ke
negara lain.
Tetapi ini semua merupakan kepentingan kita, hak
kita untuk membelanya hak kita untuk membelanya, tetapi ujung-ujungnya
kekuatan nasionalnya. Kita boleh teriak-teriak
tetapi bisakah kita mempertahankan core kepentingan kita.
Saya akan mengedepankan politik tetangga yang baik,
kita selalu santun, tenggang rasa, dan berusaha mengerti kepentingan
bangsa lain, tetapi kita harus memastikan supaya
negara lain mengerti kepentingan negara kita. Dengan persabatan ini kita bisa menjadi baik dengan negara lain.
Jokowi :
Ada tiga strategi diplomasi yang kita gunakan G2G,
B2B, kita harus kedepankan diplomasi pemerintah dengan pemerintah. Tapal
batas laut dan di darat bisa kita selesaikan.
Apabila masalah ini tidak bisa selesaikan, kita bisa selesaikan “tanpa perang”.
Kalau mentok-mentoknya, kita bawa ke Mahkamah
Internasional, tetapi diplomasi harus kita kerjakan secara intensif. Apa
yang menjadi kepentingan untuk Bangsa kita tidak boleh terganggu karena
masalah dengan negara lain.
Kita bisa kirimkan diplomat-diplomat terbaik kita
ke luar negeri. Saya kira yang terbaik adalah lewat diploma dan tanpa
berpikiran bahwa kita mengedepankan lewat senjata.
Moderator :
Bagaimana upaya bapak memberikan perlindungan bagi pekerja di luar negeri, terutama pekerja perempuan.
bagaimana bapak membuat kepijakan untuk mengambil
peran penting membuat Indonesia disegani termasuk di luar kawasan
termasuk menjadi pemimpin di Asean?
Jokowi :
Untuk masalah TKI, persoalan yang harus kita
selesaikan adalah masalah sebelum penempatan, kita harus buat seleksi
yang baik, jangan sampai ada pengiriman tanpa ada seleksi dan pelatihan.
Kemudian data di KBRI harus lengkap sehingga KBRI
di luar negeri bisa memberikan pengamanan bagi para TKI. Harus ada
pengecekan, kontrol rutin untuk memastikan TKI kita tidak disiksa.
Ketiga kita tidak mengerim TKI ke negara yang tidak ada UU menjamin keselamatan TKI, kita lebih baik moratorium saja.
Mengenai peran penting kita, saya rasa ktia pernah
hebat di konferensi asia afrika. Kita bisa membuat ini kembali jika kita
menjadi poros maritim di dunia. sehingga kita menjadi patokan, dan
negara-negara mau tidak mau harus bekerja sama dengan negara kita.
Negara kita harus menjadi negara yang wajib disegani oleh negara lain. Wajib dihargai negara lain.
Moderator
Bagaimana upaya bapak memberikan perlindungan bagi pekerja di luar negeri, terutama pekerja perempuan ?
bagaimana bapak membuat kepijakan untuk mengambil
peran penting membuat Indonesia disegani termasuk di luar kawasan
termasuk menjadi pemimpin di Asean?
Prabowo :
Yang kerja ke luar negeri, mereka berangkat karena
terpaksa, karena tidak ada lapangan pekerjaan di Indonesia. sehingga
mereka harus berangkat.
Saya punya pengalaman langsung, karena saya pernah
di luar negeri melihat TKI di timur tengah, di malaysa, dan saya melihat
mereka pekerja yang datang dari keluarga bahkan
ada yang dari keluarga 10 anak, bahkan masih berumur 15 tahun, akhirnya dia menjadi korban penganiayaan.
Intinya karena kemiskinan yang mendalam di daerah-daerah di Indonesia.
Saya sependapat dengan Pak Jokowi, dalam masalah ini. Kita harus mendidik, menyiapkan, dan mensertifikasi para pekerja.
Ini adalah illegal human traffic, kewajiban
pemerintah kita, kita harus menyiapkan pendidikan yang baik. sehingga
para pekerja kita tidak menjadi tukang sapu, Ini menyangkut uang, uang
penting supaya bisa menjamin itu tadi.
Indonesia bukan dihormati karena konferensi, tetapi karena rakyat mampu makan, dan makmur.
SEGMEN IV PERTANYAAN ANTAR CAPRES
di Indonesia demokrasi sangat luar biasa, jika para pemirsa melihat langsung, kita menjadi bangga dengan demokrasi Indonesia.
Jokowi :
Bapak prabowo, bapak sering mengatakan mengenai
pentingan perubahan dan soal perubahan. Pertanyaan saya bagian mana yang
harus diubah mengenai kebijakan pemerintah di bidang politik
internasional?
Prabowo :
Saya sering berbicara mengenai perubahan, tetapi
yang tidak perlu dirubah tidak usah dirubah. Tetapi terkait politik
internasional, saya rasa pemerintahan SBY sudah baik.
Jadi untuk apa dirubah, saya katakan 1000 lawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak.
Kita harus akui dalam hal politik internasional,
pemerintahan SBY sudah baik dan menonjol, beliau membawa stabilitas dan
perdamaian. Perdamaian jangan dianggap remeh, kita
lihat di timur tengah penuh kekacauan, kalau ada
pemerintah yang membawa politik yang benar, saya tidak membawa perubahan
asal perubahan. Saya ingin yang baik kita pertahankan, kalau boleh kita
tingkatkan.
Prabowo
Pak jokowidodo, bagaimana menurut bapak peran indonesia di bidang WTO, apakah bermanfaat atau bagaimana ?
Jokowi
Kita ikut di WTO, memang ada plus minusnya, dalam
hal perdagangan, ketika barang kita masuk ke negara-negara, ada tarif
dan non tarif, ada barrier juga, jadi
jika kita tidak masuk WTO barang kita sulit masuk ke negara lain. Jadi kita bisa bagus kalau barang kita kompetitif. Oleh karena itu kita harus memperkuat produktivitas, dan kualitas.
Jika ada barang masuk ke dalam negeri, tentu ini
mengganggu. Tetapi jika harga kita kompetitif. Kita harus akui kita
memang belum memiliki daya saing, inilah
tugas kita, kita harus mengerti barang yang masuk
ke orientasi ekspor, bagaimana proses karantina, walaupun ada tarif dan
non tarif, kita harus perhartikan itulah yang kita butuhkan,
Jokowi :
Pak prabowo, ancaman terbesar apa yang sedang dan mungkin dihadapinya di Indonesia dan bagaimana Mengatasinya ?
Prabowo :
Saya minta klarifikasi ancaman dari dalam atau luar pak ?
Jokowi :
Dua duanya saya kira pak.
Prabowo :
Ancaman terbesar dari luar negeri, ada negara lain
yang akan mengklaim wilayah nasional kita, baik di laut maupun di pulau.
Ancaman terbesar
dari dalam negeri adalah kemiskinan, bahwa kekuasaan kita sendiri akan kekayaan kita, kita tidak menguasai kekayaan alam kita.
Kita tidak mempunyai kekayaan nasional atas kekayaan kita sendiri.
Prabowo :
Saudara joko widodo, saya balik bertanya kira-kira
strategi bapak atau kebijakan bapak seandainya ada wilayah nasioanl kita
diduduki ?
Jokowi :
Diplomasi antara pemerintah, dengan pemerintah kita
utamakan, ada tahapan menuju ke sana. Kalau ada pendudukan, jika jelas
ada pulau kita diduduki, sudah jelas ini mengganggu kedaulatan kita.
Tetapi jika memang batas belum jelas, tentu kita harus berdiplomasi.
Tetapi jika jelas batas kita. Kita akan lakukan apapun !. Kita bisa lakukan apapun !
Jangan saya dirasa tidak bisa tegas, saya tegas,
tegas adalah berani mengambil resiko dan mengambil keputusan. Saya
berani mengambil resiko apapun.
SEGMEN V PERTANYAAN ANTAR CAPRES DAN KORESPONDENSI ANTAR CAPRES
Prabowo :
Bapak sering bicara tentang drone, tentang
teknologi tinggi, jika kita berbicara tentang itu, masalah satelit
menjadi hal strategic mengenai pemerintahan kita.
Masalahnya ketika pemerintahan megawati
pemerintahan menjual perusahaan satelit Indosat yang sebenarnya memilik
dua titik geo stationer di atas wilayah kita.
Bagaimana terkait itu.
Jokowi
Masalah drone itu kita ingin melompati alat
alutsista konvensional ke teknologi tinggi. Kita memiliki kepulauan yang
sangat luas. Kita memiliki drone tiga di tiga wilayah sekalipun
satelitnya harus menyewa. Walaupun ini tidak
Pada tahun 98, saat itu krisis berat dan pada saat
itu kondisi ekonomi belum baik. Kita perhatikan kondisi saat itu
keuangan APBN kita masih berat. Pada saat itu
Indonsat kita jual, ada klausul bahwa kita bisa ambil kembali.
Ke depan kita akan ambil kembali dan menjadi milik kita lagi karena itu, saham kita harus di atas 70 persen.
Prabowo :
Bapak berniat membeli kembali, bapak akui sebagai sarana strategis yang seharusnya tidak dijual?, terima kasih.
Jokowi :
Saya jelaskan, saat itu terkena imbas krisis, kita
butuh anggaran untuk menggerakkan ekonomi kita. Dengan catatan bahwa itu
masih bisa kita beli lagi. Saya kira jual beli saham pun, bisa kita
jual dan beli kembali. Ini menjadi sasaran kita , bahwa kita harus
membeli kembali tentu dengan harga wajar. Jangan menyalahkan pemerintah
sebelumnya, tentu kondisi sangat menentukan. Kondisi normal dengan
kondisi tidak normal bahkan saat itu rupiah sangat menurun. Kita ingin
pertahanan cyber, pertahan hybrid. Harus kita punyai !.
Jokowi :
Bapak prabowo, kita harus membangun indrustri
pertahanan kita, tentu telah diproduksi panser anoa, pada saat bersama
tank leopard telah dibeli. Bagaimana pendapat bapak mengenai hal ini .?
Prabowo :
Terima kasih, mengenai pemilihan alat pertahanan
tentunya telah melalui rangkaian yang terkait. Ada yang berpendapat main
battle tank seperti leopard tidak cocok untuk indonesia, itu adalah
pandangan keliru.
Kita sangat aktif berperan dalam PBB. Kita
sekarang punyak pasukan di libanon, di kongo, di timur tengah ada sektar
4000. Ini terkait peace making, dimana ancaman, threat lawan
sangat tinggi. Saya kira Tank leopard sangat
tinggi. Jadi saya rasa. Anoa sangat penting, kita butuh leopard, kita
jet, terima kasih.
Jokowi
Menurut saya panser anoa harus kita kembangkan, bahkan kita buat panser banteng, sehingga kita punya buatan sendiri.
Menurut saya, tank leopard sangat berat. jika
lewat dari jalan kita akan rusak semua, jika lewat jembatan kita akan
rusak, saya kira sebelum membeli harus memperhatikan apakah alat itu
cocok dengan wilayah kita.
Kita harus memperhatikan anggaran, tidak tergantung dengan peralatan alutsista dari luar. Terima kasih.
Prabowo :
Jadi, saudara joko widodo, saya kira pandangan
tentang alutsista yang cocok dengan yang tidak cocok. Kita percayakan
kepada para pakar yang melakukan riset.
Perang di thailand, mereka memakai main battle tank
buatan rusia. Ada anggapan tank dengan berat 60 ton tidak cocok di
Indonesia, saya sependapat dengan bapak untuk memperkuat industri dalam
negeri.
Tetapi tank leopard ini sudah menjadi keputusan
angkatan darat TNI, tentu harus kita manfaatkan. Saya utamakan nanti di
ujungnya nanti, pandangan saya kemakmuran adalah yang paling penting.
Prabowo :
Saudara joko widodo, bagaimana peran Indonesia masalah laut china selatan.?
Jokowi :
Terima kasih, ini adalah urusan negara lain dengan yang lain, jika kita bisa masuk tentu kita harus ikut andil.
Tetapi kita harus cek, apakah jika kita masuk ke dalam satu konflik, kita bisa menjadi bermasalah dengan negara lain.
Kalau kita tidak yakin, bahwa kita
berkontribusi, saya kira kita tidak usah masuk dalam masalah itu. Saya
kira kepentingan ketahanan nasional, sangat penting, tetapi kita boleh
ikut serta menyelesaikan masalah-masalah yang ada.
Prabowo :
Masalahnya adalah sebagian wilayah maritim kita
diklaim dalam konflik itu. Yang saya tanya bagaimana kita bersikap
dengan itu ? kita kan bagian asean?, apakah kita abstain sama sekali?
Jokowi :
Tadi sudah saya sampaikan, kalau kita berperan, dan
bisa memberikan keuntungan kepada negara-negara asean, kita akan
lakukan itu. Tetapi jika kita tidak memberi manfaat, untuk apa?,
Setahu saya, konflik di Tiongkok itu kita tidak memiliki masalah sama sekali.
Harus ada manfaatnya, harus bisa memberikan solusi,
sehingga konflik itu tidak meluas. Konflik seperti itu saya kira
sebaiknya secepatnya kita selesaikan. Strategi diplomasi sangat penting.
Jokowi :
Pak prabowo, apa yang salah dalam hubungan Indonesia dan Australi sehingga seringkali panas naik dan turun?
Prabowo :
Secara jujur, saya katakan masalahnya tidak
terletak di Indonesia. Mungkin australia ada semacam kecurigaan terhadap
Indonesia. Semacam Phobia.
Kita dengan penduduk yang besar seringkali
emosional. Mereka menganggap kita sebagai ancaman. Mungkin. Kita tidak
ada masalah, semua pemerintah Indonesia yang saya kenal semua ingin
bersahabat.
Tugas kita kita ingin menjadi tetangga yang baik, ingin bersahabat, dengan negara itu.
Tetapi tentunya kita harus tegas memperhatikan core interest kita. Tapi intinya kita harus bersahabat.
Jokowi :
Kalau menurut saya, ada dua hal penting.
1. Ada ketidak percayaan, ini masalah trust, sehingga terjadi masalah penyadapan.
Oleh sebab itu, diplomasi pemerintah-pemerintah antar pelaku bisnis, antar masyarakat ini harus tetap dilakukan.
Inilah yang akan mengurangi gesekan. Diplomasi budaya, diplomasi pendidikan adalah diplomasi harus terus kita galakkan.
2. Kewibawaaan, kita dianggap sebagai negara
yang lemah, masalah kehormatan negara, masalah kewibawaan, adalah yang
terpenting. Jangan sampai kita dilecehkan dan dianggap lemah.
Prabowo :
Saya kira, tanggapan jokowi sejalan dengan jawaban
saya. Kita bukan ancaman bagi mereka. Jadi sebenarnya dalam hal ini kita
sama pak.
Kalau baik ya baik, penonton lebih galak dari kita, kaya nonton bola. Kita harus damai, kita tidak mau macam-macam.
Jika kita dianggap lemah, kita harus cek, jangan-jangan kita memang lemah.
Kalau main catur, kita hitung, pesawat kita berapa,
kapal selam kita berapa. Jangan jangan dua skuadron,tetapi satupun
tidak bisa terbang. Marilah kita bangun ekonomi Indonesia.
SEGMEN VI TANYA JAWAB ANTAR CAPRES
Prabowo :
Saudara Joko widodo, angkatan perang kita sudah
cukup apakah perlu ditambah atau dikurangi, kalau ditambah dengan
keterbatasan dana?, Kalau tidak salah dari darat saja, ada 350 kabupaten
yang kosong pertahanannya , bagaimana mengisinya?
Jokowi :
Terimakasih, kita tahu bahwa anggaran mencapai 80
trilliun, kalau ekonomi kita tumbuh di atas 7 persen, dalam 3-4 tahun
kita bisa melipatkangandakan 3 kali lipat.
Kita bisa menambahkan itu semua baik jumlah prajurit, baik peralatan pertahanan, memang masih jauh dari cukup. Namun dengan ekonomi di atas tujuh persen, anggaran
kita bisa meningkat, sehingga dengan itu kita bisa menambah alat alutsista kita dengan itu kita bisa kita kuasai dengan baik.
Dengan peralatan yang cukup, dengan personil
yang cukup bahwa kita siap bahwa kita negara memiliki wibawa dan
dihormati negara lain.
Prabowo :
apakah bapak pernah memikirkan bahwa Indonesia memerlukan tentara cadangan , untuk perlawanan rakyat?
Jokowi :
Sangat diperlukan, bahwa apapun kita ingin melatih,
cadangan ini adalah cadangan sipil. Sehingga ketika dibutuhkan, mereka
siap kapanpun. Inilah saya kira kebutuhan kita. Inilah pertahanan semesta kita.
Kita akan didukung oleh pertahanan sipil kita, terima kasih.
Joko Widodo :
Bapak prabowo, komunitas ekonomi asean akan berlaku
akhir 2015. Untuk itu daya saing ekonomi kita menjadi penting, apa yang
bapak lakukan untuk meningkatkan daya saing itu?
Prabowo :
Inti dari meningkatkan daya saing, adalah bahwa
kita memberi fasilitas, insentif, dan dukungan-dukungan kepada
perusahaan kita tanpa melanggar perjanjian internasional.
Pendidikan, kredit, izin, lahan yang dipermudah,
banyak sekali yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan
perusahaan kita. Ini membutuhkan investasi di bidang pendidikan, kita
harus menyiapkan sumber daya manusia kita, tetapi pemerintah harus
menjaga kepentingan nasional kita,
kita harus evaluasi apa dampaknya mengenai ekonomi dan keselamatan pengusaha dan perusahaan kita.
Kita harus sangat ketat dalam menjaga keselamata kekayaan kita. Processing industry harus kita terapkan terima kasih.
Jokowi :
1. Pembangunan manusia karena dalam waktu yang
sangat mepet, pembangunan technopark untuk anak-anak mudah harus segera
dilakukan, satu tahun lagi akan segera dilakukan.
2. Diplomasi perdagangan kita harus diperkuat
bagi dubes-dubes kita di negara asean. Dubes kita harus menjadi
marketer, sehingga menjual produk-produk daerah, ukm,
ini akan menjadi kekuatan kita. Kita ingin dubes
kita 80 % diplomasinya di bidang perdagangan, mereka harus bisa
bernegoisasi dan bisa bertransaksi. Sehingga kita tidak diserang produk
asing. Jangan sampai produk kita dikuasai barang impor.
Prabowo :
Sebetulnya saya kurang tangkap tanggapan dari
bapak, tetapi arah gagasan bapak tidak bertentangan dengan saya.
Masalahnya itu terlalu teoritis. Bapak sendiri
mengatakan 1 tahun. Untuk membangun technopark
berapa lama?, dengan jawaban teoritis, tidak semudah itu, kita
menghadapi serangan. 1 tahun untuk itu?, marilah kita realistis, kita
benahi diri kita, hemat anggaran, hemat apbn, tutup kebocoran,tutup
kebocoran,tutup kebocoran, kita bisa kompetitif, kita bisa maju.
PERNYATAAN PENUTUP :
JOKOWI:
Terima kasih, kita menyadari geopolitik ekonomi,
politik yang ada sudah bergeser dari barat ke timur, ke asia. Kita
berada di tengah-tengahnya. Tantangan ke depan itulah yang akan kita
hadapi. Kita menyakini dengan membangun maritim kita, kita menjadi poros
maritim dunia yang dihargai dan dihormati.
Saya ingin membaca apa yang disampaikan Bapak jenderal Sudirman.
satu satunya hak milik republik ini yang tidak
berubah-ubah meskipun ada perubahan adalah angkatan Senjata. Marilah
bersama-sama bangsa Indonesia menjadi satu.
Marilah kita memastikan Pesan jenderal sudirman tetap kita perhatikan. Salam 2 jari.
PRABOWO :
Dimanapun engkau berada, kita baru membahas masalah
politik luar negeri dan ketahanan nasional. Pertahanan yang paling kuat
adalah kemakmuran rakyat, Karena itu
kita harus bekerja keras untuk kebangkitan ekonomi
kita. Kita harus kurangi kebocoran nasional. Jangan jadi slogan saja.
Kita harus melakukan disiplin pribadi.
Kita harus membersihkan aparat kita. Kita harus
hilangkan kemiskinan. Berantas korupsi, kita sejahterakan rakyat kita.
Tidak ada negara yang hormat ke negara kita.
Kalau kita miskin. Kekayaan nasional indonesia kita pertahankan. Indonesia harus berdiri di atas kaki sendiri.
Sesi Debat ke 5
Debat Capres
Saling Serang Tak Terelakkan, JK jadi Bintang
Suasana
debat final Capres Cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko
Widodo-Jusuf Kalla di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu, 5 Juli 2014.
(sumber: Antara/Prasetyo Utomo)
Jakarta -
Sebagai sebuah tontonan, debat terakhir calon presiden dan wakil
presiden Sabtu (5/7) malam cukup menarik dengan agresivitas kedua kubu
untuk saling menyerang.
Pasangan nomor urut 1 Prabowo Subianto – Hatta Rajasa di luar kebiasaan pada debat-debat sebelumnya lebih intens melancarkan serangan pada pasangan Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla.
Berikut “serangan” dari kubu Prabowo-Hatta:
Pertama, dimulai dengan Prabowo yang menuding Kalla mendukung impor pangan ketika menjabat sebagai ketua umum Golkar, dan bahkan mengaku dirinya dipanggil Kalla tentang masalah itu.
Kedua, Prabowo juga berasumsi bahwa Jokowi menentang keberadaan koperasi, dan dengan itu bertanya kenapa rivalnya punya pendirian demikian.
Ketiga, Hatta bertanya ke Jokowi kenapa ketika memimpin Solo dan Jakarta tidak mendapatkan Kalpataru, terkait tema debat yang memang fokus ke kebijakan lingkungan, energi dan pangan.
Keempat, Hatta menyinggung soal kontrak jual beli gas alam, dengan menyebut lapangan Tangguh, yang dibuat dengan harga sangat rendah dan merugikan, dan baru bisa diperbaiki di era pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono. Arahnya jelas, kontrak-kontrak dengan Tiongkok itu dibuat di era Megawati Soekarnoputri. Di sisi lain, Hatta memuji SBY bahwa renegosiasi kontrak gas menguntungkan negara Rp250 triliun.
Dari Kubu Jokowi-Kalla, mereka lebih banyak memaparkan program-program sendiri dan menangkis serangan dari rivalnya. Hanya tercatat satu serangan signifikan yang dilontarkan Kalla, yaitu keberadaan mafia-mafia di berbagai sektor yang “tidak ada di pihaknya.”
Dari sinilah jalannya debat berlangsung cukup seru dan kadang-kadang mengundang senyum terkait tanggapan masing-masing pihak. Dan sulit dipungkiri bahwa Kalla menjadi aktor yang paling dominan di antara empat tokoh itu kalau terkait “menangkis serangan” dan “melancarkan serangan balik.”
Berikut tanggapan masing-masing pihak:
Soal impor pangan, Jokowi yang menjawab, bahwa hal ini masuk prioritasnya, karena Indonesia pernah swasembada beras pada 2008-09, namun justru mengimpor beras sebanyak 2,7 juta ton pada 2012.
Soal koperasi, Jokowi menjawab: “Saya kita Bapak salah dengar. Semua orang tahu, koperasi adalah soko guru, tidak mungkin seorang Jokowi mengatakan itu.”
Soal Kalpataru di Solo dan Jakarta, Kalla dengan spontan mengatakan “penghargaan untuk kota itu Adipura, bukan Kalpataru. Karena pertanyaan ini keliru, jadi tidak akan saya jawab."
Soal kontrak gas ke Tiongkok, lagi-lagi Kalla yang merespon. Kalla mengatakan bahwa dalam klausul penjualan gas dari lapangan Tangguh, Papua, dimungkinkan adanya renegosiasi empat tahun sekali.
“Kontrak Tangguh itu justru bunyinya setiap empat tahun kontrak itu harus direnegosiasi. Saya sendiri yang bicara dengan Presiden China (ketika itu) Hu Jintao dan dia katakan siap negosiasi. Bahwa itu dilakukan empat tahun kemudian, itulah bunyi kontrak, jadi tidak ada yang spesial,” kata Kalla.
Setelah itu Kalla menyinggung pidato kampanye Prabowo-Hatta yang menyebut gejala kleptokrasi, istilah untuk berkuasanya kaum pencuri.
“Di tempat kami tidak ada mafia minyak, mafia beras, mafia daging, mafia haji. Jadi pernyataan itu sebetulnya ditujukan ke siapa?” kata Kalla.
Kalla menambahkan karena pilpres ini hanya diikuti dua pihak, jadi pasti pernyataan kubu Prabowo itu ditujukan ke pihaknya.
“Mafia daging itu sudah di KPK, mafia haji itu sudah di KPK, tidak ada di kami,” ujarnya.
Prabowo menanggapi dengan pernyataan yang justru sedikit kontroversial.
“Bahwa ruh demokrasi, sedang dirusak, bisa dari partai. Saya bukan bilang di partai saya tak ada maling, yang saya maksud adalah fenomena bangsa kita. Maksud saya cuma mau mengingatkan rakyat dalam demokrasi, mereka jangan ikut larut permainan yang terjadi di lapangan," Kata Prabowo.
Pasangan nomor urut 1 Prabowo Subianto – Hatta Rajasa di luar kebiasaan pada debat-debat sebelumnya lebih intens melancarkan serangan pada pasangan Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla.
Berikut “serangan” dari kubu Prabowo-Hatta:
Pertama, dimulai dengan Prabowo yang menuding Kalla mendukung impor pangan ketika menjabat sebagai ketua umum Golkar, dan bahkan mengaku dirinya dipanggil Kalla tentang masalah itu.
Kedua, Prabowo juga berasumsi bahwa Jokowi menentang keberadaan koperasi, dan dengan itu bertanya kenapa rivalnya punya pendirian demikian.
Ketiga, Hatta bertanya ke Jokowi kenapa ketika memimpin Solo dan Jakarta tidak mendapatkan Kalpataru, terkait tema debat yang memang fokus ke kebijakan lingkungan, energi dan pangan.
Keempat, Hatta menyinggung soal kontrak jual beli gas alam, dengan menyebut lapangan Tangguh, yang dibuat dengan harga sangat rendah dan merugikan, dan baru bisa diperbaiki di era pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono. Arahnya jelas, kontrak-kontrak dengan Tiongkok itu dibuat di era Megawati Soekarnoputri. Di sisi lain, Hatta memuji SBY bahwa renegosiasi kontrak gas menguntungkan negara Rp250 triliun.
Dari Kubu Jokowi-Kalla, mereka lebih banyak memaparkan program-program sendiri dan menangkis serangan dari rivalnya. Hanya tercatat satu serangan signifikan yang dilontarkan Kalla, yaitu keberadaan mafia-mafia di berbagai sektor yang “tidak ada di pihaknya.”
Dari sinilah jalannya debat berlangsung cukup seru dan kadang-kadang mengundang senyum terkait tanggapan masing-masing pihak. Dan sulit dipungkiri bahwa Kalla menjadi aktor yang paling dominan di antara empat tokoh itu kalau terkait “menangkis serangan” dan “melancarkan serangan balik.”
Berikut tanggapan masing-masing pihak:
Soal impor pangan, Jokowi yang menjawab, bahwa hal ini masuk prioritasnya, karena Indonesia pernah swasembada beras pada 2008-09, namun justru mengimpor beras sebanyak 2,7 juta ton pada 2012.
Soal koperasi, Jokowi menjawab: “Saya kita Bapak salah dengar. Semua orang tahu, koperasi adalah soko guru, tidak mungkin seorang Jokowi mengatakan itu.”
Soal Kalpataru di Solo dan Jakarta, Kalla dengan spontan mengatakan “penghargaan untuk kota itu Adipura, bukan Kalpataru. Karena pertanyaan ini keliru, jadi tidak akan saya jawab."
Soal kontrak gas ke Tiongkok, lagi-lagi Kalla yang merespon. Kalla mengatakan bahwa dalam klausul penjualan gas dari lapangan Tangguh, Papua, dimungkinkan adanya renegosiasi empat tahun sekali.
“Kontrak Tangguh itu justru bunyinya setiap empat tahun kontrak itu harus direnegosiasi. Saya sendiri yang bicara dengan Presiden China (ketika itu) Hu Jintao dan dia katakan siap negosiasi. Bahwa itu dilakukan empat tahun kemudian, itulah bunyi kontrak, jadi tidak ada yang spesial,” kata Kalla.
Setelah itu Kalla menyinggung pidato kampanye Prabowo-Hatta yang menyebut gejala kleptokrasi, istilah untuk berkuasanya kaum pencuri.
“Di tempat kami tidak ada mafia minyak, mafia beras, mafia daging, mafia haji. Jadi pernyataan itu sebetulnya ditujukan ke siapa?” kata Kalla.
Kalla menambahkan karena pilpres ini hanya diikuti dua pihak, jadi pasti pernyataan kubu Prabowo itu ditujukan ke pihaknya.
“Mafia daging itu sudah di KPK, mafia haji itu sudah di KPK, tidak ada di kami,” ujarnya.
Prabowo menanggapi dengan pernyataan yang justru sedikit kontroversial.
“Bahwa ruh demokrasi, sedang dirusak, bisa dari partai. Saya bukan bilang di partai saya tak ada maling, yang saya maksud adalah fenomena bangsa kita. Maksud saya cuma mau mengingatkan rakyat dalam demokrasi, mereka jangan ikut larut permainan yang terjadi di lapangan," Kata Prabowo.
Penulis: Heru Andriyanto/HA
Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/194853-saling-serang-tak-terelakkan-jk-jadi-bintang.html
0 komentar:
Post a Comment